Welcome to Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry♣

Selasa, 30 November 2010

Latar Belakang dari Nama-nama Tokoh, Satwa Gaib, dan Mantra-mantra dalam Harry Potter

Animagus
Berasal dari kata latin “magus” yang berarti penyihir dan “animal” yang berarti hewan, jadi animagus adalah penyihir yang dapat merubah dirinya menjadi hewan.

Avada Kedavra
Berasal dari frasa dalam bahasa Timur Tengah Kuno yang disebut Aramic. Frasa itu abhadda kedhabra yang berarti “lenyaplah seperti kata ini”, dipakai penyihir kuno untuk mengenyahkan penyakit.

Basilisk
Disebut juga dengan cockatrice, dalam buku hewan, Rowling menyatakan bahwa seorang penyihir Yunani yang bernama Herpo yang keji—lah yang telah membiakkan basilisk, karena dalam bahasa Yunani Herpein berarti “melata” yang berarti kata yang mendeskripsikan ular. Sekarang ini, study tentang reptile sejenis ular disebut herpetology. Di abad pertengahan, ayam jantan dipercaya dapat dijadikan sebagai perlindungan terhadap serangan basilisk.

Centaurus
Sering dikatakan sebagai makhluk yang kurang bersahabat dengan manusia. Meski demikian, beberapa centaurus dikenal berbudi luhur, misalnya Chiron. Setelah diajari ilmu pengobatan dan berburu oleh dewa Apollo dan Artemis, ia mendirikan sekolah tempat ia mengajar beberapa pahlawan terhebat masa itu, termasuk Achilles dan Odysseus. Meskipun Chiron tak bisa mati, luka dari sebuah panah beracun membuatnya membuatnya menderita rasa sakit yang tak berkesudahan. Maka ia memilih mati. Tapi Zeus mengingat kebaikan Chiron, ia menempatkannya di antara bintang-bintang sebagai konstelasi bintang sagitarius. Konstelasi bintang lain centaurus adalah salah satu dari yang paling terang di Hemishpere selatan. Dua dari bintang-bintangnya, Alpha Centauri dan Beta Centauri termasuk sepuluh bintang paling terang di langit, Alpha Centauri adalah bintang yang paling dekat dengan bumi dan matahari. Jaraknya hanya 4,3 juta tahun cahaya. Hubungan perbintangan ini mungkin dapat menjelaskan mengapa para centaurus yang tinggal di Hutan Terlarang dekat Hogwarts—Firenze, Ronan, dan Bane—menatap bintang-bintang untuk mengetahui masa depan.

Cermin Tarsah
Erised stra ehru oyt ube cafru oyt on wohsi “I show not your face but your heart’s desire” (aku tidak menunjukkan wajahmu tapi hasrat dalam hatimu).

Durmstrang
Berasal dari istilah Jerman sturm und drang (badai dan tekanan).

Fawkes
Nama dari burung Phoenix milik Dumbledore. Fawkes dinamakan seperti Guy Fawkes (salah satu anggota kelompok orang yang berusaha meledakkan gedung Parlemen Inggris pada 5-11-1605.

Flamel
Nicolas Flamel si penemu batu bertuah adalah tokoh sejarah sesungguhnya. Dilahirkan di dekat Paris pada tahun1330. Kemudian pada tanggal 17 januari 1383 Flamel berhasil menemukan zat misterius yang dapat mengubah besi mentah menjadi emas.

Goblin
Berasal dari kata Yunani kobalos, yang berarti “biang kerok”. Dalam kata Jerman disebut kobold/kobolt, dan kata Perancis gobelin. Cara mengusir goblin adalah dengan menebarkan biji rami di lantai dapur mereka, karena suatu alasan, goblin itu akan memunguti semua biji—pekerjaan yang sangat membosankan. Tak lama kemudian si goblin akan mencari kegiatan yang lebih menyenangkan di tempat lain.

Draco
Berasal dari bahasa latin yang berarti naga. Begitu juga dengan “Gregory Goyle” berasal dari “gargoyle”, monster yang dapat dilihat bertengger di atap beberapa bangunan. Sumber nama itu sendiri kurang dikenal : Gargouile, naga dari Perancis.

Gryffindor
Dalam bahasa Perancis berarti “Gryffin emas”, berasal dari India.

Hippogriff
Penyair Romawi Virgil pernah mendeskripsikan bahwa Hippogriff akan ada jika “griffin dikawinkan dengan kuda”.

Lumos
Mantra yang dapat memunculkan cahaya pada ujung tongkat sihir ini berasal dari kata Latin lumen yang berarti cahaya.

Nox
Mantra yang dapat memadamkan cahaya di ujung tongkat sihir karena pengaruh mantra lumos ini merupakan Bahasa Latin untuk “malam” atau “kegelapan”.

Draco Dormiens Nunquam Titillandus
Moto Hogwarts ini berasal dari Bahasa Latin yang berarti “jangan mengusik naga yang sedang tidur”.

Crucio
Dalam Bahasa Latin, crucio berarti menyiksa atau menganiaya.

Imperio
Dalam Bahasa Latin, imperio berarti perintah atau komando.

Accio
Dalam Bahasa Latin, accio berarti “aku memanggil”.

Aparecium
Mantra yang berguna untuk menampakkan mantra yang tak kasat mata. Berasal dari kata appare yang artinya “aku membuatnya tampak”.

Conjunctivitus
Kutukan yang berguna untuk menghalangi pandangan mata ini berasal dari kata coniugo “aku membebat”. Mata memiliki lapisan tipis penghubung bernama conjunctivita. Jika terinfeksi, seseorang akan terjangkit conjunctivitis, biasanya disebut dengan “mata merah”.

Deletrius
Berguna untuk membuat benda menghilang. Berasal dari kata deleo “aku menghapus”.

Densangeo
Membuat gigi tumbuh tak terkendali. Berasal dari kata dens, “gigi” dan augeo, “ake menumbuhkan”.

Diffindo
Mantra yang berfungsi untuk memisahkan sesuatu. Dari kata diffindo “aku membelah”.

Dissendium
Mantra untuk membuka sesuatu seperti patung penyihir wanita yang menjaga lrong rahasia dari Hogwarts menuju ke Honeydukes. Dari dissideo, “aku memisahkan”.

Enervate
Fungsinya memperkuat sesuatu. (Anehnya, mantra ini memiliki efek yang bertolak belakang dengan artinya, baik dalam Bahasa Latin maupun Inggris. Dalam Bahasa Inggris, “enervate” berarti melemahkan ; dan akar Latinnya enervo, berarti sama. Tak ada diantara keduanya yang berarti memperkuat).

Expect Patronum
Dari especto “aku menanti” dan patronus “pelindung”.

Expelliarmus
Dari expello “aku mengusir” atau “aku menangkal” dan arma “senjata”.

Jampi Fidelius
Berguna untuk menaruh rahasia pada orang yang dipercaya. Berasal dari kata fidelus “terpercaya”, “dipercaya”, “dapat dipercaya”.

Finite Incantatem
Mantra untuk menghentikan mantra lain. Berasal dari kata finite yang berarti “akhir” dan incantatem yang berarti “inkanasi “ atau “mantra”.

Impedimenta
Berfungsi untuk mengehentikan seseorang atau sesuatu. Dari kata impedimentum yang berarti “rintangan” atau “halangan”.

Incendio
Digunakan untuk melakukan perjalanan dengan bubuk Floo dari perapian ke perapian. Berasal dari kata incendia yang berarti “api”.

Oblivate
Mantra ini berguna untuk membuat seseorang lupa. Berasal dari kata oblivio yang berarti “menghapus” atau “melupakan”.

Petrificus Totalus
Mantra ikat-tubuh sempurna yang berguna untuk melumpuhkan seseorang. Dari kata petra “batu” dan totus atau totaliter “seluruh”.

Prior Incantatem
Berfungsi untuk mengungkapkan mantra terakhir yang dikeluarkan tongkat sihir. Berasal dari kata prior “sebelumnya” atau “lebih dulu” dan incantatem yang berarti “inkanasi “ atau “mantra”.

Rictusempra
Funsinya adalah menggelitik target. Dari kata rictus yang berarti “senyum tertawa” dan simper “selalu”.

Riddikulus
Membuat sesuatu tampak lucu. Mantra ini digunakan untuk menghadapi boggart. Berasal dari kata ridiculus “menggelikan”.

Reparo
Berasal dari reparare yang berarti “aku membetulkan”.

Wingardium Leviosa
Bersala dari kata levis “ringan” dan dalam Bahasa Inggris “levitate” —melayang.

Malfoy
Berasal dari Bahasa Latin mallficus yang berarti “pelaku kejahatan”.

Quidditch
Nama olah raga ini merupakan singkatan dari semua bolanya : Quaffle, Bludger, Bludger, dan Snitch.

Bathilda Bagshot
Bagshot berasal dari nama kota kecil dekat London.

Dursley
Nama kelurga ini berasal dari nama kota kecil tempat kelahiran si penulis novel, J.K. Rowling.

Firenze
Nama Italia untuk kota Florence.

Professor Flitwick
Diambil dari nama sebuah kota di Inggris.

Severus Snape
Diambil dari nama sebuah desa di Inggris.

Beauxbotons
Nama sekolah sihir ini merupakan Bahasa Perancis untuk tongkat indah.

Delacour, Fleur
Nama salah satu juara Triwizard ini merupakan Bahasa Perancis untuk “bunga di istana”, seperti sebutan bagi wanita bangsawan.

Cedric Diggory
Diggory Kirke adalah nama pahlawan dari beberapa buku favorit J.K Rowling, The Chronicles of Narnia karangan C.S. Lewis. Perhatikan bahwa Cedric tak jauh berbeda dari perubahan rangkaian huruf Kirke.

Marcus Flint
Mungkin diambil dari nama Kapten John Flint dalam film Treasure Island karangan Robert Louis Stevenson. (Rudolf Hein, pembuat situs web yang membahas nama-nama Harry Potter, dengan cerdik menggabungkan kedua nama ini).

Salazar Slytherin
Antonio de Oliveira Salazar adalah dictator Portugal—tempat J.K. Rowling pernah tinggal—dari tahun 1932-1968. Ia dikenal dengan politik kerasnya. (satu lagi yang dihubungkan dengan cerdik oleh Rudolf Hein).

Remus Lupin
Lupus adalah Bahasa Latin untuk “serigala”. Para pendiri kota Roma, yang selagi bayi disusui oleh serigala, dinamai Romulus dan Remus.

Parvati Patil
Parvati merupakan dewi Hindu.

Hedwig
Merupakan nama seorang santo yang tinggal di Jerman pada abad ke-12 dan 13. Sebuah Orde biarawati yang didirikan dibawah perlindungannya memilih bidang yang memberikan pendidikan bagi anak-anak yatim piatu—seperti Harry.

Ronan
Santo dari Irlandia. (seperti yang pernah disebutkan beberapa pembaca, Ronan sang Centaurus memiliki rambut merah!).

Jigger, Aresenius (Penulis buku Cairan dan Ramuan Ajaib)
Arsenic adalah racun yang digunakan dalam banyak racikan sihir. Jigger (gelas kecil) adalah satuan pengukur cairan, sedikit di atas 1 ons.

Rita Skeeter
Cocok bagi kumbang menyebalkan (dan penghisap darah) yang ingin ditipuk semua orang!

Sphore, Phyllida (Penulis buku Seribu Satu Tanaman dan Jamur Gaib)
Dari tanaman “spora” yang digunakan untuk pemuahan, dan Bahasa Yunani phylum, yang berarti “daun”.

Diagon Alley
Cocok bagi segala hal yang terjadi si dunia sihir, jalan ini tidak lurus, melainkan berbentuk “diagonal” (diagonally).

Knockturn Alley
Jalan yang bereputasi buruk ini, tempat toko-toko seperti Borgin and Burkes melayani orang-orang yang mempelajari ilmu hitam, adalah tempat yang tak ingin kau kunjungi di “malam hari” (nocturnally).

Madam Olympe Maxime (Setengah-raksasa)
Nama Olympe merujuk dari raksasa di Olympus, dan Maxime berarti “besar” atau “amat besar” dalam Bahasa Perancis.

Sybil Trelawney
Sybil adalah peramal terkenal di dunia mitologi.

Pensieve (baskom batu dangkal)
Dari kata Perancis penser (“berpikir”) dan sieve, alat untuk menyaring cairan dan memisahkan sesuatu yang diinginkan.

Rune
Adalah alphabet pertama yang berasal dari suku-suku bangsa di Eropa Utara dan di gunakan di Inggris, Skandivania, dan Islandia. Pertama kali muncul pada abad ke-3 M, dan bertahan selama lebih dari satu millennium. Enam huruf pertama adalah f, u, th, a, r, dan k, maka alphabet ini juga dikenal dengan nama “futhark”. Rûn adalah Bahasa Cael untuk “rahasia” dan herlûn berarti “ramalan”, menunjukkan bahwa alphabet itu digunakan dalam ritual-ritual sihir.

Sirius Black
Nama Sirius berasal dari nama bintang yang sering disebut bintang anjing. Bintang itu diberi julukan begitu karena termasuk konstelasi bintang yang disebut anjing besar (Bintang itu diberi nama “Sirius” karena merupakan bintang yang paling terang di langit. Kata Yunani seirios berarti “membara”). Bintang Sirius merupakan symbol Dewi Isis.

Black Shuck
Dari kata Anglo-Saxon succa, yang berarti “iblis”. Merupakan anjing hitam yang sering muncul secara misterius di seluruh daratan Eropa dan Amerika Utara.

Morsmorde (Perintah yang memunculkan kegelapan)
Kata ini memiliki arti “cicipi kematian” dalam Bahasa Perancis, menjadikan ini panggilan yang cocok untuk pelahap maut.

Cassandra Vablatsky (Penulis buku Menyingkap Kabut Masa Depan)
Nama flamboyant itu sempurna bagi seorang ahli ramal. Nama itu berasal dari dua orang terkemuka yang kehidupannya berhubungan dengan ramalan dan sihir. Dalam mitos Yunani, Cassandra adalah cenayang—orang yang bisa melihat masa depan. Ia menerima berkah itu dari Dewa Apollo yang mencintainya. Apollo menjanjikannya berupa kemampuan meramal masa depan, jika Cassandra membalas cintanya. Tapi setelah dijadikan cenayang, Cassandra berubah pikiran, maka Apollo dengan marah mengutuknya dengan menyatakan takkan ada seorang pun yang akan mempercayainya. Kutukan ini menyebabkan banyak kesedihan bagi Cassandra. Nama belakang Cassandra Vablatsky tak diragukan lagi daimbil dari nama Helena Petrovna Vablatsky(1831-1891), pendiri Perkumpulan Teosofi, yang tujuannya termasuk “menyelidiki hukum alam yang tak dapat dijelaskan dan bakat terpendam umat manusia”—dengan kata lain sihir.

Voldemort
Nama Voldemort berasal dari kata Prancis voleur yang berarti “mencuri” dan mort yang berarti “kematian”. Mengingatkan sifatnya yang haus darah, dan keinginannya untuk mengelakkan kematian dan hidup abadi; voleur de mort ini—sang pencuri kematian—diberi nama yang tepat.

Sumber : Buku "The Magical World of Harry Potter"

2 komentar:

  1. Cool...
    Wah..thanx postingannya mantap!!!

    BalasHapus
  2. i like harry potter movie ,,,,
    kerreeennnn!!

    BalasHapus