Welcome to Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry♣

Jumat, 10 Desember 2010

QUIDDITCH

Quiddicth adalah salah satu olahraga sapu yang berasal dari sebuah penggabungan dari beberapa permainan kuno. Permainan kuno itu adalah Stichstock, Aingingein, Creaothceann, Shuntbumps, Swivenhodge. Nama "Quidditch" diduga berasal dari Queerditch Marsh, lokasi permainan pertama yang tercatat. Saat itu bola yang digunakan hanya Quaffle dan 2 buah batu yang disihir yang merupakan cikal bakal Bludger. Golden Snitch baru muncul pada pertengahan abad ke13 dan kemunculannya terbilang unik. Golden Snidget adalah seekor burung kecil yang dapat terbang dgn sangat cepat. Saking cptnya, para penyihir saling berlomba untuk menangkapnya. Kemudian, seorang penyihir bernama Bragge membawa seekor Snidget di dalam sangkar dan melepaskannya di tengah-tengah pertandingan. Dia berkata, siapa pun yang berhasil menangkap Snidget itu akan mendapatkan 150 Galleon (sekarang diganti dgn poin). Karena kejadian itu, Snidget pun diikutkan dalam Quidditch. Akan tetapi, karena populasinya yang semakin berkurang Kementrian pun melarangnya. Seorang ahli metal tergerak untuk menciptkan bola yang memiliki kemampuan yang sama dgn Snidget agar daya tarik dalam pertandingan Quidditch tdk memudar akibat adanya larangan tersebut. Bola itulah yang kemudian dikenal sebagai Golden Snitch.

Lapangan quidditch berbentuk oval dengan panjang 500 kaki (150 m) dan lebar 180 kaki (55 m). Dan dengan lingkaran di tengah lapangnya dengan diameter 2 kaki (0,67 m). disetiap sisi terdapat 3 gawang dengan ketinggian berbeda.

Dalam Quidditch jumlah pemain nya ada 7 yang masing-masing terbagi dari 1 keeper,3 chaser,2 beater,1 seeker :
KEEPER adalah si penjaga 3 lubang lingkaran gawang dari Quaffle.
CHASER adalah si pencetak gol Quaffle
BEATER adalah si pemukul Bludger dan Melindungi pemain lainnya
SEEKER adalah si pencari golden snitch

Permainan ini mempunyai 3 buah bola yang digunakan yaitu Quaffle,Bludger,dan Golden Snitch,masing bola mempunyai fungsi nya yaitu :

1. QUAFFLE adalah bola biasa berwana hitam dan para Chaser slalu berusaha membawa bola ini agar masuk ke gawang lawan
2. BLUDGER adalah bola berwarna coklat tetapi sengaja dimantra mantrai untuk mengganggu dan bahkan bisa mencelakakan pemain lain tapi juga ukuran nya lebih kecil dibandingkan Quaffle
3. GOLDEN SNITCH adalah bola yang sangat kecil berwarna keemasan ditambah lagi dengan gerak nya yang super cepat dan nyaris tak terlihat bila benda ini telah mengudara.Tetapi dengan menangkap benda ini pertandingan akan berakhir dan ini adalah merupakan inti dari permainan QUIDDITCH.

Inilah sedikit keterangan mengenai golden snitch :

Golden Snidget adalah sejenis burung luar biasa langka yang dilindungi.Tubuh bulat penuh, berparuh tipis dan sangat panjang, dan memiliki mata merah yang berkilau bak permata, Golden Snidget sanggup terbang luar biasa cepat dan mengubah arah dengan kecepatan kemampuan yang hebat, berkat adanya tulang sendi putar pada sayapnya. Bulu dan mata Golden Snidget harganya sangat mahal dan dulu makhluk ini pernah nyaris punah karena diburu para penyihir. Untunglah bahaya kepunahan ini diketahui tepat pada waktunya, dan spesies ini pun segera dilindungi. Faktor paling penting yang mencegah kepunahan itu adalah digunakannya Golden Snitch sebagai pengganti Snidget dalam olahraga sihir Quidditch. Cagar alam Snidget terdapat di seluruh dunia.
KEMUNCULAN BOLA DI LAPANGAN QUIDDITCH

Bola pertama yang diperkenalkan adalah Quaffle, karena saat itu pemainnya hanya ada chaser dan keeper. Kemudian muncul ide untuk mengganggu para pemain, dan keluarlah bludger. Pada awalnya bludger tidak memiliki lawan manusia dalam pertandingan quidditch, tak lama setelah itu muncullah pemain baru dalam quidditch yaitu beather. Namun jelas sekali bahwa ada yang hilang dari permainan ini. Ya, permainan ini belum memiliki golden snitch. Golden snitch pertama kali di perkenalkan oleh Bowman Wrigth. Burung Golden Snitch sebelumnya digunakan dalam permainan tapi diganti karena isu-isu kekejaman terhadap binatang.

Pelanggaran

Blagging : Tidak dapat menyita setiap bagian dari lawan sapu untuk memperlambat atau q menghambat pemain
Blatching : Pemain Tidak dapat terbang dengan maksud untuk berbenturan
Melontarkan : Tidak mungkin pemain kunci sapu menangani dengan maksud untuk mengarahkan lawan tentu saja.
Bumphing : Beater tidak boleh memukul Bludger ke arah penonton
Cobbing : Pemain tidak boleh menggunakan berlebihan siku mereka melawan musuh.
Flacking : Keepers tidak boleh membela posting dari belakang oleh meninju Quaffle dari hoops - tujuan harus dipertahankan dari depan.
Haversacking : Chaser tidak harus tetap berada dalam kontak dengan Quaffle saat melewati ring
Quaffle-pocking : Chaser tidak boleh mengutak-atik dengan Quaffle dengan cara apapun.
Snitchnip : Tidak ada pemain lain selain Seeker dapat menyentuh atau menangkap Snitch Emas
Stooging : Tidak lebih dari satu Chaser diperbolehkan di daerah scoring pada satu waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar